DARIMU AKU MENGENAL DUNIA BLOG DAN MEMPUNYAI RESOLUSI BESAR DI TAHUN 2019


Oleh: Muhamad



Aku adalah seorang pria yang berasal dari dusun terpencil di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Disebut dusun terpencil, karena merupakan dusun yang belum lama dibuka dan baru ada listrik menjelang akhir tahun 2018. Aku lahir dari rahim seorang ibu tangguh yang berprofesi sebagai petani jagung. Keterbatasan secara finansial membuatku tak patah semangat demi mimpi-mimpi besarku.

Sejak kelas 3 SD, aku terpaksa hidup jauh dari orang tua, karena orang tua sedang membuka lahan pertanian di Kecamatan Pekat setelah ada instruksi dari Bupati Dompu kala itu. Hidup jauh dari orang tua membuatku menjadi anak mandiri. Kemandirianku berlaku ketika aku kehabisan bekal hidup ketika lulus SMK yang membuatku bekerja serabutan demi menyambung hidup. Aku mulai berfikir untuk mencari penghidupan layak dengan bekerja di Malaysia. Keahlianku di bidang pertanian membuatku menjadi pekerja kebun di perusahaan kelapa sawit di Sarawak, Malaysia. Kalau boleh jujur, aku kabur dari rumah karena tidak diizinkan berangkat. Akhirnya aku nekat berangkat ke rumah agent yang membawaku ke Malaysia dan menginap di rumahnya selama 2 bulan sambil menunggu dana dari Malaysia. 3 hari sebelum keberangkatan, agent menyarankanku untuk meminta restu orang tua. Awalnya orang tua tidak memperbolehkanku, namun dengan segala kondisi yang ada akhirnya diperbolehkan juga.

Di tengah perjalanan, aku menerima telepon dari ibu dengan suara sedih. Aku mencoba menghilangkan rasa sedihnya dengan mengatakan, “Sudahlah bu, Insha Allah aku selamat sampai tujuan dan doakanku agar mendapatkan pekerjaan dan teman-teman yang baik”. Tak lama berselang, kami diberhentikan oleh polisi dan diperiksa passportnya. Ternyata diantara kami hanya aku yang diminta untuk pulang karena belum cukup usia. Akhirnya agent kami mengatakan, ‘’Anak ini mau ke keluarganya untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit’’. Alhamdulillah dengan izin Allah, aku diperbolehkan untuk berangkat. Setiba disana, aku dalam keadaan sakit dan hanya bisa berbaring dengan melihat atap rumah sambil berkata dalam hati, “Kalau aku meninggal disini tidak ada keluarga. Selain itu, aku masih banyak hutang”, Akhirnya temanku berkata dengan suara lembut, ’’Sudahlah, kalau sudah sampai disini harus fokus dan jangan memikirkan keluarga di rumah. Jaga kesehatan karena kamu besok harus berangkat kerja’’.

2 tahun di Malaysia mengajarkanku banyak hal tentang kehidupan, salah satunya tentang pelajaran hidup. Tahun 2012, aku kembali ke rumah dan orang tuaku bertanya kepadaku untuk memilih kuliah atau menikah. Dengan semangat aku memilih untuk kuliah. Kuliah adalah pintu gerbang kesuksesan karena banyak ilmu yang diserap. Akhirnya aku lulus S1 tahun 2016 di Universitas Muhammadiyah Mataram dan 2017 aku lanjut kuliah di Institut Pertanian Bogor hingga mempertemukanku dengan isteriku yang merupakan kakak angkatanku.

Sejujurnya aku mulai mengenal dunia blog pada bulan Juli 2018. Itu semua berkat isteriku yang suka menulis sejak SMA. Isteriku tahu jika aku suka menulis curahan hati di laptop, kemudian mengajakku untuk berbagi isi hati kepada orang lain dengan menjadi #narablog. Bagi isteriku, menulis di blog itu membuatnya dikenal banyak orang yang akhirnya membawa isteriku gabung di Komunitas #Blogger Bogor. Silakan kunjungi blog isteriku di http://www.diyahkusumawardanii.blogspot.com

7 Situs Blog Gratis Ini Cocok Jadi Tempat Curhat Kamu yang Hobi Nulis
Sumber: https://www.idntimes.com/tech/trend/indra/hobi-menulis-salurkan-saja-lewat-7-situs-blog-gratis-berikut-ini

Hal pertama yang aku rasakan ketika menulis di blog adalah menyenangkan, apalagi mendapatkan respon positif dari teman-teman ketika aku membagikan tautan blogku di facebook. Saran dan kritikan dari teman-teman membuatku menjadi #narablog pemula. Aku mempunyai blog yang berisi tentang pertanian dan peternakan. Hal ini karena aku adalah lulusan pertanian yang sejak kecil dibesarkan dari hasil pertanian. Selain itu, hasil peternakan menjadi penghasilan tambahan demi menyambung hidup keluargaku. Lahan pertanian dan peternakan di Kabupaten Dompu memang luas, sehingga cocok untuk bisnis peternakan dan pertanian.

Tulisan di blog http://muhamadmates2018.blogspot.com baru beberapa saja, namun itu membuatku sangat bahagia. Ketika blog pertama sudah jadi, aku membuat blog lagi. Blog yang ku buat di pertengahan Januari 2019 berisi tentang perjalananku dengan isteriku dari awal pendekatan hingga menikah. Selain itu juga berisi review produk. Blog terbaruku bisa di sebut blog kami berdua yang sedang merintis bisnis bersama. Silakan dikunjungi blog kami di https://muhamad-diyah29.blogspot.com


Beberapa Alasanku Menjadi Seorang Blogger


1. Mencurahkan isi hati kepada orang lain di dunia digital

Istilah curhat tersematkan kepada para perempuan yang memiliki sahabat karib yang suka mencurahkan isi hati. Namun, kini curhat tak lagi tersematkan kepada perempuan saja, bisa juga ke pria. Perlu diketahui bahwa ketika pria sedang galau, dia akan menyendiri. Ketika terlalu lama menyendiri, maka akan dilanda stres. Untuk menghindari itu, lebih baik pergunakanlah kegalauan untuk diabadikan dalam sebuah tulisan yang menginspirasi banyak orang. Salah satunya menjadi seorang #narablog. Tak perlu takut kualitas tulisan tidak berkelas, karena semakin banyak umpan balik dari para pembaca, kualitas tulisan akan membaik.

2. Berbagi ilmu pengetahuan dalam bidang peternakan dan pertanian

Aku suka berbagi cerita kepada teman-teman mahasiswa. Bagiku jika mempunyai ilmu itu harus dibagi agar banyak orang yang menerima manfaat. Basicku adalah pertanian, jadi aku ingin menjadi seorang #narablog pertanian. Youtuber pertanian sudah banyak, tapi #narablog pertanian masih sedikit, dan inilah peluang besarku.

Dokumentasi saat yudisium dan mewakili mahasiswa pertanian 2016

3. Menambah banyak relasi pertemanan

Salah satu keuntungan menjadi #narablog adalah menambah relasi pertemanan. Ini sudah terbukti dari isteriku yang gabung dengan Komunitas #Blogger Bogor. Banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh para #narablog, bahkan sering diundang pada berbagai kegiatan dari perusahaan atau pemerintah.

4. Mendapatkan umpan balik dari para #narablog lain demi kualitas blog
Ketika tulisan sudah tayang di blog, maka bersiaplah menunggu komentar dari para #narablog lain. Nah, ini akan meningkatkan kemampuan menjadi seorang #narablog demi blog yang berkualitas. Jangan merasa terganggu dengan komentar-komentar yang pedas, justru jadikanlah pemantik demi munculnya tulisan-tulisan lain.



Dan Inilah Beberapa Resolusi Besarku Di Tahun 2019

1.  Mempunyai anak yang lucu

Aku menikah akhir Juni 2018, dan isteriku langsung hamil. Bahagia sekali mendengar kabar bahwa isteriku hamil. Akhirnya aku akan menjadi seorang family man di keluargaku. Usiaku yang baru saja menginjak 30 tahun akan diberi kepercayaan dari Allah berupa anak. Aku akan berusaha membahagiakan keluargaku tercinta. Apapun kulakukan demi kebahagiaan keluarga dengan jalan yang diridhoi Allah.

Dokumentasi pernikahan kami

2.  Bisnis yang sedang dirintis dapat berkembang pesat

Awal November 2018 merupakan langkah awalku menjadi seorang peternak ayam kampung. Peluang ini berani aku ambil dengan bekal pengalamanku di kampung halamanku. Bagiku rezeki itu dijemput dengan cara yang halal, bukan hanya berpangku tangan saja. Alhamdulillah peternakanku mulai berkembang, walaupun hujan badai menghadang. Untuk lebih detailnya, silakan kunjungi instagram kami di @ayamkampungklaten



Dokumentasi ayam hasil peternakan sendiri


Bisnisku yang lain adalah sarung khas Bima yang terkenal dengan hasil tenunnya, motifnya, dan tahan lama. Jiwa bisnisku terpanggil untuk melihat peluang pasar. Walaupun masih pemula, insha Allah bisnis kami berjalan lancar. Silakan kunjungi di instagram kami di @jualsarungbimadiklaten



Dokumentasi jualan sarung

3. Menjadi #narablog aktif yang mendapatkan pemasukan tambahan

Tak bisa dipungkiri bahwa seorang #narablog juga membutuhkan pemasukan dari tulisan di blog. Para #narablog sedang berlomba untuk mempercantik blog dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membeli domain demi kualitas blog untuk mendatangkan sponsor. Begitu pula denganku, aku ingin menjadi #narablog aktif dengan menulis di blog lebih aktif lagi. Bisa dikatakan bahwa minimal 1 minggu sekali ada tulisan di blog.

Hasil gambar untuk narablog

4. Menjadi #narablog terkenal

Setiap #narablog pasti ingin menjadi terkenal dengan karya-karyanya. Berarti #narablog itu merasa tulisannya dihargai. Banyak orang terkenal dengan cara ngeblog hingga diundang menjadi seorang motivator atau pembicara dalam berbagai kegiatan. Rata-rata #narablog yang diundang untuk menikmati fasilitas gratis dari perusahaan, dan mereka harus melakukan review untuk dimasukkan ke dalam blog. Ini salah satu bentuk promosi dari perusahaan.


5. Menang dalam berbagai kompetisi blog

Aku memang #narablog pemula, namun punya impian untuk jadi pemenang dalam berbagai kompetisi blog. Pepatah lama mengatakan,”Vini Vidi Vici” yang artinya “Saya Datang, Saya Melihat, dan Saya Menang” menggugah batin dan ragaku untuk maju terus pantang mundur. Apalagi setelah melihat kompetisi blog dari https://www.nodiharahap.com/ yang membuat ambisiku untuk menang. Hadiahnya akan kuberikan kepada isteriku sebagai hadiah karena isteriku telah bersabar hidup dalam keterbatasan denganku. Dalam kondisi hamil tua, isteriku setia menemani dan memotivasiku.

6. Menjadi #narablog bidang pertanian dan peternakan

Peluang terbuka lebar untuk menjadi seorang #narablog bidang peternakan dan pertanian. Seorang #narablog tidak hanya kuat di literasi, tapi juga fakta di lapangan. Alangkah baiknya jika menjadi #narablog juga termasuk pelaku, bukan hanya penonton. Ibarat kata mahasiswa ilmu terapan yang dituntut kuat di teori dan praktik.

7. Mendapatkan karir yang sesuai passion

Passionku adalah leader yang terbiasa berbicara di depan banyak orang dan mengorganisir massa. Jadi, aku ingin berkarir yang berhubungan dengan passion.

Demikianlah beberapa alasanku menjadi #narablog dan resolusiku di tahun 2019. Aku yakin jika sebagian besar resolusiku tahun ini akan terwujud dengan baik seiring dengan semangat juangku yang tak pernah padam. Aku bersyukur mempunyai isteri yang mengarahkanku ke jalan kesuksesan. Dan aku tak bisa sukses jika tak bersama isteriku. Terima kasih untuk motivasi dari Winston Churchill yang berbunyi,”Terkadang tidak cukup baik apabila kita mengerjakan segala sesuatu dengan kemampuan terbaik kita. Kita tetap harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan”.

Semoga aku menjadi #narablog aktif di bidang pertanian dan peternakan, sehingga para pembaca digital mengetahui informasi terbaru dan bermanfaat.


Komentar

  1. Semoga kamu menjadi seorang narablog handal yang sayangku... Keluarkanlah isi pikiranmu dalam banyak tulisan yang bermanfaat

    BalasHapus
  2. Yukk kunjungi blog saya dan tolong tinggalkan komentar yang baik

    BalasHapus
  3. wah seru yah suami istri blogger kak hehhe mantabbb smg smua resolusinya tercapai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bang... Aamiin. Insha Allah... Sukses juga untuk bang Joe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer