KELUARGA ITU IBARAT POHON YANG MENGUATKAN




Ada pepatah mengatakan “Sesuatu bisa mengubah kita, tapi kita mulai dan berakhir bersama keluarga kita”. Aku sepakat dengan pepatah ini. Sejauh apapun langkah kita, tapi tetap saja kita akan kembali kepada keluarga. Karena keluarga adalah tempat terbaik di dunia.

Keluarga itu ibarat pohon. Ayah dan ibu merupakan akar yang kokoh dalam menopang batang pohon. Cabangnya adalah saudara kandung. Daunnya adalah harapan. Batangnya adalah diri sendiri. Dan buahnya adalah hasil dari pencapaian kita.


Penjabaran Makna Bagian dari Pohon

Akar pohon – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian akar merupakan bagian tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat dan pengisap air serta zat makanan. Begitu pula dengan fungsi ayah dan ibu yang mampu menanamkan moral, memberikan pelajaran agama, memberi asupan makanan bergizi, mendidik anak, dan berusaha untuk tetap mendukung anaknya dari belakang.

Cabang pohon  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian cabang merupakan bagian batang kayu yang tumbuh dari pokok. Batang pohon tak bisa sendiri, pasti ada cabangnya. Begitu pula dengan hidup di dalam keluarga, ada saudara kandung yang selalu mendukung keinginan kita. Saudara kandung merupakan tempat terdekat untuk berbagi kisah manis pahitnya kehidupan dikala topik permasalahan pelik yang menyangkut kehidupan pribadi kita, misalnya tentang seseorang yang singgah di hati, bahkan hilang dari hati.

Batang pohon - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, tempat tumbuhnya cabang dan ranting. Batang adalah simbol diri sendiri. Batang harus kuat dalam menyangga daun, cabang, dan buah. Tetapi batang tetap mendapatkan dukungan dari akar yang terus menancapkan ke bumi yang semakin dalam. Batang tak boleh roboh, karena jika batang roboh, maka daun dan buah akan lenyap. Dan harapanpun tak bisa dipanen.

Daun - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian daun merupakan bagian tanaman yang tumbuh berhelai-helai pada ranting sebagai alat bernapas dan mengolah zat makanan. Daun memiliki makna sebagai harapan. Dalam mencapai harapan, kita harus berjuang dalam panas dan hujan. Karena daun adalah bagian pohon paling pertama yang terkena teriknya cahaya matahari, terpaan angin kencang, dan pukulan air hujan. Begitulah dalam berjuang dalam mewujudkan harapan.

Buah - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian buah merupakan bagian tumbuhan yang berasal dari bunga atau putik. Buah merupakan hasil dari fotosintesa tanaman dimana pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Jika daun itu mengandung banyak klorofil, maka tanaman itu mampu memproduksi makanan sendiri. Begitu pula dengan harapan, jika diri sendiri kuat dalam memperjuangkannya, maka akan banyak buah harapan yang muncul.


Keluarga adalah Tempat Untuk Kembali

Sebagian besar pemuda-pemudi di desaku merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dan lebih memilih untuk bekerja di luar kota, bahkan menjadi Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia. Bekerja itu bisa dimana saja, asalkan halal. Memang benar kata pepatah bahwa rumput tetangga lebih hijau. Mereka lebih memilih bekerja di luar negeri karena faktor upah yang diterima danjenis pekerjaan yang mereka cari ada disana.

Aku juga seorang perantau. Sejak Juli 2008, aku meninggalkan desaku untuk belajar ke Tanah Ngapak dan mencari sesuap nasi disana. Kemudian tahun 2015, aku pindah ke Tanah Sunda untuk belajar lagi karena panggilan nurani, dan dibiayai oleh negera.

Komunikasi menjadi sangat penting ketika jauh dari keluarga. Zaman modern ini, komunikasi bisa dilakukan menggunakan telepon genggam. Berhubung bapakku tidak up to date dengan internet, jadi komunikasi yang kulakukan dengan telepon genggam. Aku memang bukan anak yang baik, kerena jarang pulang dan jarang menghubungi keluarga di rumah. Terserah apa kata orang menilaiku, yang jelas hati dan pikiranku tak pernah jauh dari keluargaku.

Pemasalahan merupakan hal yang menghinggapi setiap orang. Orang hidup pasti ada masalah. Sekuat apapun orang menghadapi masalah, pasti akhirnya kembali kepada keluarga untuk sekedar minta doa restu. Misalkan: Mahasiswa yang akan menjalani Ujian Semesteran, Ujian Skripsi, Ujian Tesis, Sidang Promosi Doktor, atau ujian lainnya, pasti akan menyempatkan untuk meminta doa restu orang tua. Aku selalu meminta restu kepada orang tua ketika akan menghadapi hal-hal penting dalam hidupku. Dan Alhamdulillah lancar.

Bagiku, keluarga adalah harta terindah yang kumiliki dan tak akan pernah mengingkari janji. Terima kasih untuk keluargaku yang masih lengkap. Karena engkau, aku jadi kuat dalam meraih mimpi-mimpiku.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer